Minggu, 21 Oktober 2012

Peran Pihak Swasta Dibalik Kesuksesan Korea Selatan Dalam Olimpiade London 2012 (2)

Konglomerat dibalik prestasi, sebuah contoh
 
Untuk melahirkan seorang juara renang, Park Tae-Hwan, peraih dua medali perak nomor 200m dan 400m gaya bebas pada olimpiade London 2012, membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Ahli terapi fisik, Chul-kyu bertanggung jawab untuk membantu untuk merileksasikan tubuh dan pikiran Park Tae-Hwan. Personal trainer Kwon Tae-hyun bertugas untuk mengontrol rutinitas latihan dan gizi Park Tae-Hwan. Penterjemah Kang Min-gyu mempermudah komunikasi antara Park Tae-Hwan dan pelatih asal Australia Michael Bohl.

Mereka berempat berperan penting dalam kesusksesan prestasi Park Tae-Hwan, namun tidak termasuk didalam Komite Olimpiade Korea atau Federasi Renang Korea, tetapi mereka bekerja untuk SK Telecom, sebuah operator seluler dengan pendapatan terbesar di Korea Selatan. Perusahaan memutuskan untuk mengambil alih tim secara lengkap dan menjalankannya secara langsung. Tim Ini direstrukturisasi kecuali ahli terapi fisik Park Tae-Hwan.
Setiap anggota tim bekerja untuk SK Telecom baik sebagai karyawan tetap atau berdasarkan kontrak. Perusahaan tersebutlah yang menyeleksi sampai menemukan tim terbaik dibalik kesuksesan Park Tae-Hwan. Mereka bertanggung jawab 100 persen atas pelatihan, Ini adalah bentuk tuntutan sponsorship karena strukturnya membuat mereka bertanggung jawab penuh atas hasil pelatihan.
Tujuan terbesar dari tim khusus ini adalah untuk mengembangkan Park Tae-Hwan menjadi perenang terbaik dunia dalam lomba 400 meter dalam proyek panjang selama empat tahun. "Ini adalah konsep yang berbeda dari mensponsori atlet dengan produk atau uang. Ini adalah model patokan yang dinginkan atlet.
Dalam menjalankan biaya pelatihan independen tim SK Telecom menghabiskan sekitar 1,5-2 milyar won (kurang lebih 17 miliar rupiah) setahun. Secara umum, atlet mendapatkan dana dari perusahaan sponsor dan membayar pelatih yang keluar dari kantong mereka sendiri.

Sponsorship telah melewati beberapa cobaan dan evolusi. SK Telecom memulai pembiayaan pelatihan Park Tae-Hwan pada bulan Juni 2007 dan beralih bentuk untuk menjalankan tim pelatihan independen untuk Park Tae-hwan selama empat tahun sampai Olimpiade London dimulai.
Kesuksesan perenang Park Tae-Hwan, merupakan sebuah contoh dari keterlibatan penuh dari konglomerat. Tentu bukan hanya ini kesuksesan mereka, perusahaan SK Telecom juga meraih sukses besar dalam pembinaan olahraga anggar dengan meraih 2 medali emas, 1 perak dan 3 perunggu pada olimpiade London 2012.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar